PENINGKATAN KUALITAS DALAM MENGHILANGKAN CUSTOMER CLAIM PRODUK TERCAMPUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QCC

  • Irgi Sofani Teknik Industri, Universitas Pelita Bangsa
  • Asep Suryadi Teknik Industri, Universitas Pelita Bangsa
  • Nur Aisyah Shinta Balqis Teknik Industri, Universitas Pelita Bangsa
Keywords: Customer Claim, Inspection, Kualitas, Pengurangan Biaya, QCC.

Abstract

PENINGKATAN KUALITAS DALAM MENGHILANGKAN CUSTOMER CLAIM PRODUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE QCC

Abstrak

Salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang otomotif khususnya part-part engine roda empat berlokasi di Karawang-Jawa Barat. Perusahaan otomotif ini sedang melakukan pengendalian kualitas dikarenakan adanya customer claim. Tingkat kesadaran perusahaan dalam menjaga kualitas dan mengurangi pemborosan biaya operasional merupakan kunci sukses perusahaan untuk menjadi perusahaan berstandar internasional. Dengan banyaknya varian produk yang harus dibuat menjadi tantangan pada saat proses inspection untuk mencegah tercampurnya produk yang berbeda setiap harinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi pemborosan biaya operasional yang berasal dari customer claim, meningkatkan kualitas dan memenuhi kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode QCC, karena metode ini yang paling efektif dalam membantu membuat dokumentasi customer claim yang konsisten, jelas dan terstruktur. Penelitian ini menemukan adanya permasalahan dalam proses inspection di tahun 2021 sebanyak 2 kali customer claim produk tercampur yang harus ditangani oleh perusahaan. Hasil penelitian ini mendapatkan adanya pengurangan customer claim produk tercampur di tahun 2022 menjadi tidak ada kasus. Sehingga perusahaan dapat menekan pemborosan biaya operasional.

Kata Kunci : Customer Claim, Inspection, Kualitas, Pengurangan Biaya, QCC.

Published
2024-01-30
How to Cite
Sofani, I., Suryadi, A., & Balqis, N. A. (2024). PENINGKATAN KUALITAS DALAM MENGHILANGKAN CUSTOMER CLAIM PRODUK TERCAMPUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE QCC. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 284-297. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/125