Perancangan Sistem Inventaris dan Penjualan Menggunakan Data Mining Association Rule

  • Faik Irkhamudin Program Studi Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Safiq Rosad Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Edy Sulistiyanto Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
Keywords: Data Mining, Apriori Algorithm, Association Rule, Sistem Inventaris dan Penjualan

Abstract

Sistem inventaris dan penjualan memegang peranan krusial dalam mengelola aset dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Namun, mengoptimalkan proses ini untuk mendapatkan wawasan berharga sering kali menjadi tugas yang kompleks. Inilah dimana konsep Data Mining Association Rule hadir sebagai alat yang kuat untuk mengidentifikasi pola tersembunyi dan hubungan yang signifikan. Penggunaan data transaksi dapat dimanfaatkan untuk memberikan rekomendasi berupa aturan asosiasi, yang dapat membantu pemilik usaha dalam membuat keputusan terkait dengan promosi dan manjemen inventaris. Aturan asosiasi diperoleh dengan cara mengimplementasikan data mining algoritma apriori ke sistem berbasis website menggunakan Laravel dan hasil perhitungan yang dihasilkan ialah berupa aturan asosiasi produk yang dibeli secara bersamaan. Dari hasil implementasi sistem dan pengujian yang dilakukan dengan menentukan minimum support 20% dan minimum confidence 60% ditemukan 3 aturan asosiasi. Selanjutnya dari 3 aturan asosiasi yang ditemukan terdapat 2 aturan dengan nilai confidence tertinggi yaitu (jika konsumen membeli jws-01 dan taqwa media player, maka akan membeli modul dpt) dengan nilai support 25% dan confidence 100%, (jika konsumen membeli modul dpt dan taqwa media player, maka akan membeli jws-01) dengan nilai support 25% dan confidence 100%.

Published
2024-02-02
How to Cite
Irkhamudin, F., Rosad, S., & Sulistiyanto, E. (2024). Perancangan Sistem Inventaris dan Penjualan Menggunakan Data Mining Association Rule. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 788 - 798. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/152