Perancangan dan analisis desain antarmuka dan pengalaman pengguna pada bengkel online “oto repair” menggunakan pendekatan design thinking

  • Muhammad Eka Purbaya Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Oky Wida Syahputra Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Hotman Ivan Sianturi Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Bengkel Online, Design Thinking, Figma, SUS, UI UX

Abstract

Pada era digital saat ini, transformasi teknologi memunculkan konsep bengkel online sebagai solusi modern untuk layanan perbaikan kendaraan. Penelitian ini memfokuskan pada perancangan dan analisis desain antarmuka serta pengalaman pengguna pada aplikasi bengkel online "Oto Repair," dengan mengadopsi pendekatan Design Thinking. Figma digunakan untuk membuat prototipe yang bertujuan memastikan kenyamanan dan kecepatan akses pengguna terhadap layanan perbaikan kendaraan. Fitur unggulan yang dikembangkan adalah menu layanan yang mencakup fitur garasi dengan metode import gambar dan pengisian data kendaraan. Prototipe lengkap dapat diakses melalui tautan: https://bit.ly/49bKLf9. Pengujian menggunakan aplikasi maze.co menunjukkan tingkat keberhasilan pengguna sebesar 76,30%, dengan waktu rata-rata penyelesaian tugas sekitar 13,62 detik. Evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi memiliki kegunaan yang baik dan mendapat kepuasan pengguna yang positif.

References

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.trunojoyo.ac.id/rekayasa/article/view/6584

C. Wrigley, E. Nusem, dan K. Straker, “Implementing design thinking: Understanding organizational conditions,” California Management …, 2020, doi: 10.1177/0008125619897606.

N. Akhmedov, Designing and prototyping a learning and testing platform for user experience (UX) and user interface (UI) designers with the aim of improving knowledge and …. opus4.kobv.de, 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://opus4.kobv.de/opus4-haw/files/3819/I001557435Thesis.pdf

A. Andini, D. Yusup, dan S. Susilawati, “Penerapan System Usability Scale Dalam Menganalisis Ui/Ux Pada Website Asuransi Mitra (Studi Kasus: Website Pasarpolis),” Innovative: Journal Of Social …, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3500

M. W. Wronikowska, J. Malycha, dan ..., “Systematic review of applied usability metrics within usability evaluation methods for hospital electronic healthcare record systems: Metrics and Evaluation Methods for …,” Journal of evaluation …, 2021, doi: 10.1111/jep.13582.

D. M. Alfirahmi, D. S. Kania, dan D. Yusup, “Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Innovative: Journal Of Social …, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2165

Z. F. Azar, R. Y. Miranti, M. E. Purbaya, dan ..., “Analisis User Interface dan Redesign Aplikasi Igracias Mobile Menggunakan Pendekatan Design Thinking,” … Hasil Penelitian & …, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/3949

L. P. Nugraha, R. S. Sianturi, dan L. Fanani, “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Knowledge Management System UMKM menggunakan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: UMKM Bogor),” … Teknologi Informasi Dan Ilmu …, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/11699

W. B. Prawirayudha, H. A. Effendi, dan ..., “Evaluasi User Interface pada Game Elmer & Minda Menggunakan Metode Usability Testing,” ULIL ALBAB: Jurnal …, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1053

M. A. Krisnanda, R. S. Sianturi, dan A. P. Kharisma, “Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Bengkel berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking.(Studi Kasus Bengkel Harto Motors),” Jurnal Pengembangan Teknologi …, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/11800/5234

Published
2023-12-21
How to Cite
Purbaya, M. E., Syahputra, O. W., & Sianturi, H. I. (2023). Perancangan dan analisis desain antarmuka dan pengalaman pengguna pada bengkel online “oto repair” menggunakan pendekatan design thinking. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 180-188. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/193