Peningkatan Mutu Layanan Aplikasi Daur Ulang Sampah Menggunakan Metode Total Quality Manajemen (TQM) (Studi Kasus: Layanan Ojeke Inyong)

  • Elsa Malvin Augusta Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Triyanti br manurung Intitut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Rahajeng Audi Nurianingrum Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dwi Mustika Kusumawardani Institut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Aplikasi, Banyumas, Layanan, Sampah, TQM

Abstract

Banyaknya timbunan sampah di Banyumas membuat Bupati Banyumas memiliki ide untuk membuat sebuah inovasi yang dapat menanggulangi permasalahan tersebut. Program pengolahan dan pemilahan sampah daur ulang diserahkan pada pihak BUMD dan dikelola oleh PT Banyumas Investama Jaya untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu mengurangi sampah rumah tangga dengan praktis tanpa harus ke TPA secara langsung. Keberhasilan dan kendala dalam pengolahan sampah tersebut, akan dikaji dengan pembuatan aplikasi yang bernama Jeknyong. Aplikasi Jeknyong memiliki salah satu layanan yang bernama Ojeke Inyong merupakan aplikasi layanan pengumpulan sampah rumah tangga dengan nilai transaksi. Kualitas pelayanan pada Ojeke Inyong memiliki beberapa kendala seperti kurang minatnya pelanggan dikarenakan harga yang terlalu rendah, transaksi terhenti, dan kendala dalam pengambilan sampah. Hal ini menyebabkan kurangnya kualitas layanan pada Ojeke Inyong, maka dari itu penelitian ini dibuat untuk memberikan usulan strategi perbaikan dengan mengimplementasikan metode Total Quality Management (TQM) yang dijabarkan dalam siklus Plan, Do, Check, Action (PDCA). Penelitian ini diharapkan dapat membantu PT Banyumas Investama Jaya dalam peningkatan mutu layanan pada aplikasi Jeknyong. Strategi perbaikan yang diusulkan yaitu untuk meningkatkan pelayanan dengan menambahkan beberapa sistem perangkat luar yang dapat memonitor cuaca, menambah perangkat seperti GPS di dalam aplikasi sehingga memudahkan kolektor dalam penjemputan sampah dan meningkatkan promosi serta sosialisasi terhadap masyarakat mengenai sampah daur ulang.

References

A. Febriani, H. W. Utomo, and A. Sultoni, “Komposting dan Ecobrick Pada Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis Masyarakat dan Kawasan (Studi Kasus Desa Sirau, Banyumas),” J. Abdimas Berdaya J. Pembelajaran, Pemberdaya. dan Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 01, p. 82, 2021, doi: 10.30736/jab.v4i01.93.

A. F. Widiyanto, H. N. Zeha, S. Rahardjo, and S. Suratman, “Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Praktik Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas,” J. Kesehat. Lingkung. Indones., vol. 19, no. 2, pp. 76–81, 2020, doi: 10.14710/jkli.19.2.76-81.

P. Purwono, W. Rabiatul, and E. Suyanto, “Strategi Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dengan Model Sirkular di Wilayah Perkotaan Purwokerto Household Waste Management Strategy with Circular Model in Purwokerto,” Bul. Keslingmas, vol. 41, no. 3, pp. 106–115, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/keslingmas/issue/archive

N. K. Dewi, B. H. Irawan, E. Fitry, and A. S. Putra, “Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta,” J. IKRA-ITH Inform., vol. 5, no. 2, pp. 26–33, 2021.

S. Engineering, “Evaluation of the ‘Jeknyong’ Application Usability Level Using the Computer System Usability Questionnaire (CSUQ) Method,” vol. 8106, pp. 92–103, 2023.

N. F. Fatma, H. Ponda, and P. Handayani, “Penerapan Metode Pdca Dalam Peningkatan Kualitas Pada Product Swift Run Di Pt. Panarub Industry,” J. Ind. Manuf., vol. 5, no. 1, p. 34, 2020, doi: 10.31000/jim.v5i1.2440.

S. Amarin and T. I. Wijaksana, “Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung),” Bus. Manag. Anal. J., vol. 4, no. 1, pp. 37–52, 2021, doi: 10.24176/bmaj.v4i1.6001.

S. Aisyah, H. H. Purba, S. Tampubolon, C. Jaqin, A. Suhendar, and H. Adyatna, “Peningkatan Kemampuan Proses Menggunakan Metode Six Sigma: Studi Kasus di Industri Pertambangan Batubara,” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 9, no. 1, pp. 95–102, 2023, doi: 10.30656/intech.v9i1.5527.

N. Setiawan, “Determinasi Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai: Total Quality Management Dan Gaya Kepemimpinan (Literature Review Manajemen Sumberdaya Manusia),” J. Ilmu Hukum, Hum. dan Polit., vol. 1, no. 3, pp. 372–389, 2021, doi: 10.38035/jihhp.v1i3.690.

M. Firmansyah, I. Darwan, and U. Yunan Kurnia, “Analisis Dan Perancangan Sistem Pemantauan Kinerja Perangkat Jaringan Menggunakan Snmp Dengan Metode Plan Do Check Act ( Pdca ) Di Pt Len Industri ( Persero ) Analysis And Design Of Performance Monitoring System Using Snmp With Method Plan Do Check Act (,” e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 7162–7170, 2018, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/7621%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/download/7621/7508

Y. Iswara, I. Darmawan, Y. Kurnia, and S. Hediyanto, “Analysis and Design of Helpdesk Ticketing System to Manage Action Improvement of Computer and Network Devices in PT. LEN INDUSTRI (PERSERO) Using PDCA (Plan - Do - Check - Act) Methodology,” vol. 5, no. 3, pp. 7149–7161, 2018.

A. Nuur Rasyidah, A. Bariroh, and D. Emi Rahmawati, “Analisis Total Quality Management (Tqm) Dalam Meningkatkan Mutu Manufaktur Dan Jasa Pada Pt. Dahana (Persero) Subang,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 12, pp. 2917–2926, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i12.475.

E. W. Yunitasari, “Perbaikan Sistem Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik Industri dengan Metode Plan Do Check Action (PDCA),” IEJST (Industrial Eng. J. Univ. Sarjanawiyata Tamansiswa), vol. 3, no. 2, pp. 64–76, 2019.

C. Kurniawan and H. H. Azwir, “Penerapan Metode PDCA untuk Menurunkan Tingkat Kerusakan Mesin pada Proses Produksi Penyalutan,” JIE Sci. J. Res. Appl. Ind. Syst., vol. 3, no. 2, p. 105, 2019, doi: 10.33021/jie.v3i2.526.

Published
2024-01-31
How to Cite
Augusta, E., manurung, T., Nurianingrum, R., & Kusumawardani, D. (2024). Peningkatan Mutu Layanan Aplikasi Daur Ulang Sampah Menggunakan Metode Total Quality Manajemen (TQM) (Studi Kasus: Layanan Ojeke Inyong). Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 510 - 519. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/215