Rancang bangun game kosakata alat transportasi dalam bahasa inggris berbasis android

  • Miranda Dwi Febriliana Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Cepi Ramdani Insitut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Hari Widi Utomo Insitut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Dio Syahputra Insitut Teknologi Telkom Purwokerto
Keywords: Game, Alat Transportasi, Kosakata Inggris, MDLC, Construct 2.

Abstract

Bidang pendidikan memiliki peran strategis dalam keberlangsungan dan perkembangan pembelajaran di sekolah yang dipengaruhi proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dan lembar observasi guru di SDN 2 Kutaliman Banyumas tentang penerapan pembelajaran Bahasa Inggris, pembelajaran tersebut selama ini menggunakan media pembelajaran Buku Siswa dan LKS. Kedua media dinilai belum efektif yang menyebabkan kurangnya minat siswa sehingga diperlukan alat peraga yang menarik dalam belajar bahasa Inggris penguasaaan kosakata. Penguasaan kosakata merupakan hal penting untuk mengetahui arti dalam suatu kalimat dan memahami isi kalimat. Dengan permasalahan kurangnya media pembelajaran alternatif selain dua media diatas maka dibutuhkan media pembelajaran alternatif lainnya. Game dapat menjadi pembelajaran alternatif, sehingga pada penelitian ini dilakukan rancang bangun game pembelajaran yang mengacu pada materi buku siswa yaitu materi alat transportasi. Pembangunan game ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dibuat menggunakan Construct 2 yaitu engine untuk membuat game berbasis HTML 5 khusus dalam platform 2 dimensi. Untuk tahap pengujian penelitian ini menggunakan black box testing yang fokus pada spesifikasi fungsional perangkat lunak dengan hasil pengujian aplikasi berjalan dengan baik, namun ada beberapa catatan yaitu penambahan materi lainnya dan pengujian usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang nilainya sebesar 75,073 masuk dalam kategori Excellent dengan grade scale B.

Keywords: Game, Alat Transportasi, Kosakata Inggris, MDLC, Construct 2.

References

D. K. Rini and Y. Wiyarno, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Melalui Aplikasi KAHOOTSISWA Kelas VII SMP Negeri 1 Rembang KAB. Pasuruan,” Jurnal Education and development, vol. 7, no. 2, p. 261, 2019.

I. F. Nisa, “Kebijakan dan Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SD di Indonesia.,” Seminar Nasional Pendidikan, vol. Vol.1, no. 1, 2020.

T. A. Hasanah, D. C. Victoria, and I. Anita, “Penggunaan media flash card untuk meningkatkan daya ingat kosakata bahasa inggris siswa kelas 4 sekolah dasar,” Primaria Educationem Journal (PEJ), vol. 2, no. 2, pp. 187–192, 2019.

M Ivan Mahdi, “Kecakapan Bahasa Inggris di Indonesia Peringkat Kelima Asean,” Feb. 03, 2022. https://dataindonesia.id/ragam/detail/kecakapan-bahasa-inggris-di-indonesia-peringkat-kelima-asean (accessed Jan. 11, 2023).

H. D. Ahmad, “Pengembangan Startegi Pembelajaran MI/SD Yang Inovatif Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka,” Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 327–336, 2022.

H. W. Utomo, T. Kusakabe, A. Sultoni, and D. Setyowati, “CHALLENGES FACED BY ENGLISH TEACHER IN TEACHING: CASE STUDY OF JUNIOR HIGH SCHOOL IN BANJARNEGARA REGENCY,” 2020.

F. I. Rahma, “Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar),” Jurnal Studi Islam: Pancawahana, vol. 14, no. 2, pp. 87–99, 2019.

S. Hidayatulloh, H. Praherdhiono, and A. Wedi, “Pengaruh Game Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam,” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 199–206, 2020.

A. Kusuma and R. R. Santika, “Game Edukasi Pengenalan Cerita Rakyat Timun Mas Dengan Penerapan Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” in Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 2022, pp. 858–866.

T. A. F. Shaquille and B. Parga Zen, “Pengembangan Media Adobe Animate Pembelajaran Multimedia Interaktif Bahasa Inggris dengan Model Addie”, Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 252–265, Oct. 2023.

Published
2023-12-14
How to Cite
Febriliana, M., Ramdani, C., Utomo, H., & Syahputra, D. (2023). Rancang bangun game kosakata alat transportasi dalam bahasa inggris berbasis android. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 3(1), 34-51. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/275