Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace Menggunakan Metode SMART Studi Kasus Kabupaten Banyumas

  • Dzulfan Yumna Azis
  • Fathimah Ella Syarif
  • Rindi Indah Lestari
  • Toni Anwar
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Simple Multi-Attribute Rating Technique

Abstract

Kemajuan teknologi membuat gaya hidup di masyarakat semakin instan karena mayoritas masyarakat memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Marketplace adalah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu secara online di dalam website yang telah disediakan oleh pemilik marketplace. Banyaknya situs penjualan online atau marketplace saat ini membuat pengguna merasa bingung dalam memilih marketplace yang harus mereka pilih untuk bertransaksi. Untuk mempermudah pengguna marketplace, khususnya masyarakat Kabupaten Banyumas, dalam menentukan marketplace mana yang paling layak, penulis menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pemilihan e-commerce yang dinilai berdasarkan lima kriteria e-commerce, yaitu kepuasan pengguna, kemudahan penggunaan, fitur dan fungsionalitas, harga atau penawaran, dan pelayanan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara penentuan bobot kriteria dan penerapan SMART dalam pengelompokkan e-commerce serta mengetahui hasil penerapan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) menggunakan metode SMART untuk pengelompokkan e-commerce. Hasil dari perhitungan pengelompokkan e-commerce menggunakan metode Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART) didapat rekomendasi tentang e-commerce dengan penilaian sebesar 1, yaitu pada Shopee.

Published
2025-01-02
How to Cite
Azis, D., Syarif, F., Lestari, R., & Anwar, T. (2025). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Marketplace Menggunakan Metode SMART Studi Kasus Kabupaten Banyumas. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 969-977. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/327