ANALISIS PENYEBAB KEMASAN CACAT PRODUK PADA PROSES PACKING DI PT XYZ
Abstract
PT XYZ merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada industri makanan terkemuka di Indonesia. Produk snack adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini. Agar produk tetap berkualitas sampai ditangan konsumen, produk dikemas sebaik mungkin untuk melindungi produk dari kerusakan atau kecacatan supaya sampai ke tangan konsumen dalam kondisi baik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di stasiun kerja packing, terdapat cacat pada kemasan primer produk snack khususnya pada line X. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penyebab terjadinya cacat kemasan primer produk snack pada line X dan memberikan usuan perbaikan yang harus dilakukan untuk meminimalisis terjadinya cacat kemasan. Analisis pengendalian kualitas menggunakan metode Statistical Process Control (SPC). Pengumpulan data didapatkan dari laporan perusahaan, pegambilan data secara langsung, hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan proses packing pada mesin 44, mesin 82, dan mesin 85 belum terkendali secara maksimal, sehingga perlu melakukan pengendalian kualitas dan perbaikan pada proses packing di ketiga mesin tersebut berdasarkan faktor-faktor penyebab terjadinya kemasan cacat.
References
[2] Khikmawati, E., & Wibowo, H. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Kemasan Glukosa Dengan Peta Kendali P Di PT. Budi Starch & Sweetener Tbk.Lampung Tengah. In Jurnal Ilmiah Teknik Industri (Vol. 7, Issue 1).
[3] Ningrum, H. F. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC) Pada PT Difa Kreasi. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 61–75. http://bisnisman.nusaputra.ac.id
[4] Supardi, S., & Dharmanto, A. (2020). Analisis Statistical Quality Control Pada Pengendalian Kualitas Produk Kuliner Ayam Geprek Di BFC Kota Bekasi. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 6(2), Inpress. https://doi.org/10.34203/jimfe.v6i2.2622
[5] Sidikiyah, I. A., & Muhammad, K. (2022). Analisis Defect Pada Proses Pembuatan Kayu Lapis Dengan Metode Statistical Process Control (SPC) Dan Root Cause Analysis (RCA). JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 3(2).
[6] Ade Aditya, K., & Budi Puspitasari, N. S. (2023). Analisis Penyebab Defect Produk Wafer Roll 8,5 Gram Pada Proses Packing PT. Dua Kelinci. Industrial Engineering Online Journal, 12(4).
[7] Figgia, I., Yulianti, W., & Handayani, W. (2023). Quality Control of Gery Saluut Product Packaging at CV. Surya Kencana Food. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 8143–8150. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
[8] Sumarsono, D., & Widiasih, W. (2024). Pengendalian Kualitas Untuk Mengurangi Jumlah Cacat Produk Dengan Pendekatan Peta Kendali P Serta Usulan Perbaikan (Studi Kasus Di PT. Barata Indonesia (PERSERO)). I Tabaos, 4(1).