Perumusan Kerangka Supplier Relationship Management Melalui Integrasi Evaluasi Bahan Baku dan Supplier (Studi Kasus PT. XYZ)
Abstract
Supplier Relationship Management (SRM) adalah manajemen hubungan yang disengaja antara pembeli dan pemasok untuk memastikan, setidaknya pasokan yang dibutuhkan dengan kualitas dan kuantitas yang tepat diperolah secara tepat waktu. PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri kayu lapis. Kayu lapis yang diproduksi oleh perusahaan menggunakan bahan baku kayu albasia yang didapatkan dari proses pengadaan. Proses pengadaan mengalami beberapa permasalahan, salah satunya adalah kurangnya komunikasi antara perusahaan dan supplier. Perlu dilakukan evaluasi pada hubungan pemasok atau SRM untuk menghasilkan hubungan yang tepat antara supplier dengan perusahaan. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi bahan baku dan evaluasi supplier. Model Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FMADM) digunakan untuk mengevaluasi bahan baku yang diintegrasikan dengan Multidimensional Scaling (MDS). Sedangkan evaluasi supplier dapat dilakukan dengan Analytical Hierarchy Process (AHP). Output dari kedua evaluasi diatas digunakan untuk mengelompokkan supplier sesuai kinerjanya dengan menggunakan supplier relationship assessment. Hasil pengelompokkan dari supplier relationship assessment, dari 4 kelompok yang ada, terdapat 3 kelompok strategi, yaitu collaboration, improvement, dan maintenance.
References
[2] K. Amoako-Gyampah, K. G. Boakye, E. Adaku, and S. Famiyeh, “Supplier relationship management and firm performance in developing economies: A moderated mediation analysis of flexibility capability and ownership structure,” Int. J. Prod. Econ., vol. 208, pp. 160–170, 2019, doi: 10.1016/j.ijpe.2018.11.021.
[3] D. E. Adi, D. Pujotomo, and S. Sriyanto, “Penggunaan Kraljic’S Purchasing Portfolio Model dalam Perancangan Strategi Pengadaan Bahan Baku pada PT. Masscom Graphy,” Ind. Eng., 2017.
[4] A. D. Daulay, D. Y. Niska, P. Studi, I. Komputer, and U. N. Medan, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Dalam Pemilihan Karyawan Berprestasi Berbasis Web Pada Pt Dambosko Bronton,” pp. 895–906, 2023.
[5] T. Maulita and L. Fajararita, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarcy Process Pada Praktik Dokter Umum,” J. IDEALIS, vol. 2, no. 5, pp. 412–418, 2019.
[6] D. Blanchard, Supply Chain Management Best Practices : Best Practices. 2019.
[7] R. Dubey, A. Gunasekaran, S. J. Childe, T. Papadopoulos, and P. Helo, “Supplier relationship management for circular economy: Influence of external pressures and top management commitment,” Manag. Decis., vol. 57, no. 4, pp. 767–790, 2019, doi: 10.1108/MD-04-2018-0396.
[8] J. Rezaei and H. Fallah Lajimi, “Segmenting supplies and suppliers: bringing together the purchasing portfolio matrix and the supplier potential matrix,” Int. J. Logist. Res. Appl., vol. 22, no. 4, pp. 419–436, 2019, doi: 10.1080/13675567.2018.1535649.
[9] A. Kusumawati and D. P. Sari, “ANALISIS POSITIONING ITEM PENGADAAN MENGGUNAKAN KRALJIC PORTOFOLIO MATRIX (Studi Kasus : PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah & Daerah Istimewa Yogyakarta),” Ind. Eng. Online J., vol. 7, no. 3, pp. 1–10, 2018, [Online]. Available: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/22362
[10] A. Perdana and N. B. Mulyono, “Purchasing Strategies in the Kraljic Portfolio Matrix – a Case Study in Open Pit Coal Mining,” Indones. Min. Prof. J., vol. 3, no. 1, pp. 45–58, 2021, doi: 10.36986/impj.v3i1.41.
[11] Hamidreza Fallah Lajimi and Sara Majidi, “Supplier segmentation: A systematic literature review,” J. Supply Chain Manag. Sci., vol. 2, no. 3–4, pp. 138–158, 2021.
[12] R. F. Olsen and L. M. Ellram, “A portfolio approach to supplier relationships,” Ind. Mark. Manag., vol. 26, no. 2, pp. 101–113, 1997, doi: https://doi.org/10.1016/S0019-8501(96)00089-2.
[13] M. B. Tamam and H. Hozairi, “Implementasi Metode Analytical Hierarcy Process (Ahp) Untuk Analisis Faktor Keamanan Laut Indonesia,” J. Apl. Teknol. Inf. dan Manaj., vol. 1, no. 1, pp. 10–18, 2020, doi: 10.31102/jatim.v1i1.753.
[14] Ardiatma and M. Andriansyah, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Menggunakan Analisis Kata Kunci Kompetitif (Study Kasus: www.Palmoilmagazine.com),” Jurnal Ilmiah Komputasi, vol. 21, no. 1. 2022. doi: 10.32409/jikstik.21.1.2887.
[15] D. Marchello, W. Kosasih, L. L. Salomon, and A. A, “ANALISA MITIGASI RISIKO MANAJEMEN RANTAI PASOKAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HOUSE OF RISK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR TEPUNG AGAR-AGAR INSTAN Dennis Marchello 1) , Wilson Kosasih 2) , Lithrone Laricha Salomon 3),” vol. 11, no. 2, pp. 104–115, 2023.
[16] S. Choirul, “Konsep, pengertian, dan tujuan kolaborasi,” Dapu6107, vol. 1, pp. 7–8, 2020.