Sebuah Tren Konsumsi Skincare di Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Penelusuran Merek Skincare Terpopuler di Kabupaten Banyumas

  • Rizqi Anugrah Putri Amaylia Telkom University Purwokerto
  • Wanda Dwi Oktaviana
  • Izzan Annafi
  • M Yoka Fathoni
Keywords: konsumsi skincare, mahasiswa, Simple Additive Weighting, merek populer

Abstract

Penelitian ini menganalisis tren konsumsi skincare di kalangan mahasiswa di Kabupaten Banyumas dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode SAW dipilih karena kemampuannya dalam menormalisasi nilai, sehingga memungkinkan perhitungan yang lebih rinci. Penelitian ini mengambil sampel dari lima merek skincare populer, yaitu Skintific, Somethinc, Avoskin, Wardah, dan The Originote, dan menilai mereka berdasarkan empat kriteria: harga, kualitas, kelengkapan, dan kemasan. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan metode SAW untuk menentukan bobot dari masing-masing kriteria dan menghitung peringkat akhir setiap merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Originote merupakan merek skincare paling populer di kalangan mahasiswa dengan nilai tertinggi 0,938, diikuti oleh Skintific (0,919), Somethinc (0,915), Wardah (0,873), dan Avoskin (0,861). Temuan ini memberikan wawasan tentang preferensi mahasiswa terhadap produk skincare serta dapat digunakan oleh produsen untuk meningkatkan strategi pemasaran mereka.

Published
2025-01-29
How to Cite
Amaylia, R., Oktaviana, W., Annafi, I., & Fathoni, M. (2025). Sebuah Tren Konsumsi Skincare di Kalangan Mahasiswa Berdasarkan Penelusuran Merek Skincare Terpopuler di Kabupaten Banyumas. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 1070-1079. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/370