Analisis Kepuasan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

  • Diva Dita Nara Telkom University Purwokerto
  • Ma'rifatul Khasanah
  • Muhammad Faiq Mubarok
  • Dwi Mustika Kusumawardani

Abstract

Kepuasan pelanggan memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis, terutama dalam industri sepatu yang dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pelanggan terkait keputusan pembelian produk sepatu, baik secara online maupun offline, dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini akan menggali faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan, termasuk kualitas produk, layanan, metode pembayaran, dan harga. Analytical Hierarchy Process (AHP) dipilih karena kemampuannya yang teruji dalam mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen secara sistematis. Studi ini bertujuan untuk memberikan wawasan tentang perbedaan perilaku konsumen antara pembelian online dan offline, yang akan membantu pemasar e-business merumuskan strategi pemasaran yang efektif. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan Alternatif "Offline" dinilai lebih baik daripada "Online" berdasarkan kriteria kualitas layanan, harga produk, kualitas produk, dan metode pembayaran. Hasil perangkingan menunjukkan bahwa alternatif "Offline" memiliki rata-rata skor lebih tinggi (0,5049) dibandingkan dengan "Online" (0,4940), mengindikasikan bahwa konsumen lebih puas dengan pengalaman berbelanja secara offline. Secara keseluruhan, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan dan analisis perbandingan tingkat kepuasan antara pembelian online dan offline.

Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Produk Sepatu, Analytical Hierarchi Proses (AHP).

Published
2024-12-31
How to Cite
Nara, D., Khasanah, M., Mubarok, M., & Kusumawardani, D. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 1264-1275. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/379