Evaluasi Media Penjualan Pesan Instan bagi UMKM di Indonesia dengan Menggunakan Metode SWOT

  • Muhammad Ibnu Sofyan Universitas Telkom
  • Alfiyatuz Zulfa Fitrotunnadzifah Universitas Telkom
  • Timora Lestenia Tarigan Universitas Telkom
  • M Yoka Fathoni Universitas Telkom
Keywords: UMKM, E-Commerce, Analisis SWOT, Media Penjualan, Pesan Instan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media penjualan pesan instan pada E-commerce bagi UMKM yang ada di Indonesia dengan menganalisis data statistik E-commerce dari BPS pada tahun 2022 menggunakan metode SWOT. Evaluasi dilakukan dengan mengkaji berbagai aspek internal dan eksternal yang mempengaruhi performa UMKM dalam memanfaatkan platform E-commerce. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi UMKM dalam pemanfaatan e-commerce. Hasil penelitian menunjukan bahwa media penjualan pesan instan E-commerce memberikan peluang signifikan bagi UMKM untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan volume penjualan, Namun ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya permintaan barang dan jasa, dan kurangnya permodalan, Penenlitian ini menghasilkan rekomendasi strategi untuk mengoptimalkan penggunaan media penjualan pesan instan E-commerce untuk pengembangan UMKM di era digital, termasuk strategi peningkatan kompetensi dan mengoptimalkan SEO untuk meningkatkan visibilitas online.

Author Biographies

Alfiyatuz Zulfa Fitrotunnadzifah, Universitas Telkom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi

Timora Lestenia Tarigan, Universitas Telkom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi

References

[1] Y. Purnamasari, A. Pradhanawati, and W. Hidayat, “Analisis Peluang E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Produk Batik. (Studi Kasus pada Usaha Batik di Semarang),” Semarang, Sep. 2015.
[2] L. Jin and L. Chen, “Exploring the Impact of Computer Applications on Cross-Border E-Commerce Performance,” IEEE Access, vol. 12, pp. 74861–74871, 2024, doi: 10.1109/ACCESS.2024.3385017.
[3] H. Atun Mumtahana, S. Nita, and A. Winerawan Tito, “Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran,” Madiun, Jun. 2017.
[4] Z. Kedah, “Use of E-Commerce in The World of Business,” Startupreneur Bisnis Digital (SABDA, vol. 2, no. 1, Apr. 2023, doi: 10.34306/sabda.v2i1.273.
[5] N. Siregar et al., “Digital Marketing To E-Commerce Customers,” Journal of Management and Creative Business (JMCBUS), vol. 1, no. 2, Apr. 2023.
[6] M. Z. Abiddin, I. Mas’udin, and D. M. Utama, “Pemilihan Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT Dan TOPSIS,” Jurnal Teknik Industri, vol. 18, no. 1, pp. 55–67, Aug. 2017, doi: 10.22219/jtiumm.vol18.no1.55-67.
[7] N. Zhang, X. Xu, X. Jiang, and J. Pang, “SWOT Analysis of Satellite Mobile Communication System Based on GAHP,” in Proceedings - 2020 2nd International Conference on Information Technology and Computer Application, ITCA 2020, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Dec. 2020, pp. 376–382. doi: 10.1109/ITCA52113.2020.00085.
[8] F. Mekonnen G. Girma. Chala. Solar Energy as Renewable Energy Source: SWOT Analysis. IEEE, 2019.
[9] P. Petricek, R. Klir, and P. Kal’Avsky, “Swot Analysis and Its Application in Solving Research Tasks,” in NTinAD 2020 - New Trends in Aviation Development 2020 - 15th International Scientific Conference, Proceedings, Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., Sep. 2020, pp. 197–201. doi: 10.1109/NTAD51447.2020.9379082.
[10] Rizqy Oktora et al., “Statistik E-Commerce 2022,” Badan Pusat Statistik, pp. 1–55, Sep. 2022.
[11] A. Noudoostbeni, N. M. Yasin, and H. S. Jenatabadi, “To investigate the sucess and failure factors of ERP implementation within malaysian small and medium enterprises,” in Proceedings - 2009 International Conference on Information Management and Engineering, ICIME 2009, 2009, pp. 157–160. doi: 10.1109/ICIME.2009.66.
[12] Zhang X.F;Lin Lan., Small- and Medium-sized Enterprises Need Break through Three Bottlenecks in the Context of Financial Crisis to Accomplish Independent Innovation. I E E E, 2009.
[13] Hongyi. Sun, Roger. Jiao, and Min. Xie, Demonstration Study on Small and Medium High-tech Enterprises Growth: the Case of Dalian. IEEE Technology Management Council, 2009.
[14] L. Bismala, “Analisis Strategi Pemasaran Pada Umkm Di Sumatera Utara Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm,” Sumatera Utara, Dec. 2014. Accessed: Nov. 19, 2024. [Online]. Available: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1285
[15] I. Hassandi, M. Gustiana Pangestu, A. Septiawan Syaputra, T. Qur’aini, and A. Tri Agustin, “Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Bisnis Pada Umkm Aulia Snack Jambi,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), vol. 3, no. 2, pp. 460–467, 2024, [Online]. Available: http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/JUMANAGEhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jumanage
[16] Nabilah Muhammad, “Kurang Modal Jadi Kendala Utama dalam Pengembangan Usaha E-Commerce di Indonesia,” databooks.
[17] R. D. Sianturi, “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM,” Journal of Business and Economics Research (JBE), vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.118.
[18] M. Dimas, P. Wiranto, M. I. Wardhana, I. Nurlaila, N. Choiriya, and L. Syafitri, “Strategi inovasi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan usaha keripik kelasan mak alen desa talang nangka,” vol. 5, no. 5, pp. 8944–8951, 2024.
Published
2025-01-02
How to Cite
Sofyan, M., Fitrotunnadzifah, A., Tarigan, T., & Fathoni, M. (2025). Evaluasi Media Penjualan Pesan Instan bagi UMKM di Indonesia dengan Menggunakan Metode SWOT. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 1201-1208. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/404