Penerapan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis) pada Pemilihan Sekolah Internasional di Jakarta

  • Meiwildan Muhammad Farrel Universitas Telkom
  • Rifdah Inas Nazhifah Universitas Telkom
  • Gohan Willy Christoper Sihite Universitas Telkom
  • Khairun Nisa Meiah Ngafidin Universitas Telkom
Keywords: Pendidikan, Pengambilan Keputusan, Sekolah Internasional, MOORA

Abstract

Pendidikan memberikan pengaruh terhadap pembentukan individu dan pengembangan masyarakat. Banyak orang tua memilih sekolah internasional untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak mereka. Namun, memilih sekolah internasional yang tepat merupakan proses yang kompleks, melibatkan berbagai faktor, baik kurikulum, fasilitas, lokasi, jumlah siswa, atau biaya. Oleh karena itu, diperlukan metode yang dapat membantu mengambil keputusan secara sistematis dan objektif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis (MOORA) untuk mendukung proses pengambilan keputusan dalam memilih sekolah internasional. MOORA memungkinkan penilaian terstruktur dengan membandingkan alternatif berdasarkan beberapa kriteria secara kuantitatif. Dengan mengintegrasikan data relevan dari berbagai sekolah internasional di Jakarta, penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang optimal bagi orang tua. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat diterapkan untuk rekomendasi berdasarkan prioritas yang ditentukan oleh pengguna. Hasilnya yaitu French School Jakarta dan British School Jakarta menempati urutan tertinggi dengan nilai 0.32. Dengan demikian, MOORA dapat menjadi alat bantu yang berguna untuk mengambil keputusan terkait pendidikan.

 

Author Biographies

Meiwildan Muhammad Farrel, Universitas Telkom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi

Rifdah Inas Nazhifah, Universitas Telkom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi

Gohan Willy Christoper Sihite, Universitas Telkom

Mahasiswa S1 Sistem Informasi

References

[1] Edwin, “Dampak Media Pembelajaran Zoom Bagi Minat Belajar Mahasiswa STT Sangkakala,” Oct. 11, 2020. doi: 10.31219/osf.io/zsq8a.
[2] F. U. Diani, R. Dewi, and I. Amalia, “Pengambilan Keputusan Orang Tua dalam Pemilihan Sekolah Bagi Anak,” Jurnal Psikologi Terapan (JPT), vol. 5, no. 1, p. 47, Jan. 2023, doi: 10.29103/jpt.v4i1.9373.
[3] N. Ulfa, “The Parents’ Preference In Choosing An Alternative School Of Sanggar Anak Alam (Salam) In Bantul Diy: A ‘Project’ To Inherit Wisdom Values,” Jurnal Sosiologi Reflektif, vol. 17, no. 1, p. 233, Oct. 2022, doi: 10.14421/jsr.v17i1.2464.
[4] A. Wahdini and W. T. Setyobudi, “Geliat Orang Tua Siswa Sekolah Internasional: Analisis Consumer Decision Making Process Sekolah Internasional di Bekasi,” Journal of Law, Administration, and Social Science, vol. 2, no. 2, pp. 176–188, Dec. 2022, doi: 10.54957/jolas.v2i2.309.
[5] N. Adilah, J. Galvez, S. Suliyanah, and U. A. Deta, “Analisis Implementasi Kurikulum Cambridge pada Salah Satu Sekolah Internasional di Jakarta,” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 48–64, Oct. 2023, doi: 10.58706/jipp.v2n1.p48-64.
[6] W. Hendriyani and N. Nadya, “Mengapa Memilih Sekolah Internasional? (Studi Kasus Pengambilan Keputusan Orangtua Dalam Pemilihan Sekolah Untuk Anak),” INQUIRY: Jurnal Ilmiah Psikologi, vol. 9, no. 1, pp. 16–31, Dec. 2022, doi: 10.51353/inquiry.v9i1.221.
[7] I. Mardalena, D. Kartini Lasman, and Z. Silfania Zahra, “Sastra Dan Nasionalisme Di Sekolah Internasional,” ALINEA : Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, vol. 2, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2022, doi: 10.58218/alinea.v2i1.151.
[8] I. Lestari, A. Habibah, A. Khoiriyah, and F. Indriyani, “Pengembangan Pendidikan melalui Sekolah Bertaraf Internasional,” Tsaqofah, vol. 2, no. 1, pp. 102–112, Jan. 2022, doi: 10.58578/tsaqofah.v2i1.267.
[9] K. Liu, A. Yang, M. Chen, and Q. ChenLuo, “Research on the Necessity for the Establishment of International School in China,” BCP Social Sciences & Humanities, vol. 16, pp. 82–87, Mar. 2022, doi: 10.54691/bcpssh.v16i.444.
[10] Aimen Zahra Naqvi and Itrat Batool Naqvi, “Factors Affecting School Selection,” Journal of Education and Practice, vol. 12, no. 32, Nov. 2021, doi: 10.7176/JEP/12-32-08.
[11] K. Angel, N. Novriyenni, and A. Sihombing, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelas Unggulan Pada Siswa baru di SMK Negeri Binjai Menggunakan Metode SMART (Studi Kasus: Smk Negeri 1 Binjai),” Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), vol. 6, no. 2, pp. 221–234, Jul. 2022, doi: 10.59697/jsik.v6i2.172.
[12] S. Sahadi, M. Ardhiansyah, and T. Husain, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/i Kelas Unggulan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS,” Jurnal Teknologi Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 153–167, Sep. 2020, doi: 10.35957/jtsi.v1i2.513.
[13] E. L. Amalia, A. N. Pramudhita, and M. R. Aditya, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Pembangunan Peternakan Ayam Menggunakan Metode Moora,” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 15–23, May 2019, doi: 10.35457/antivirus.v13i1.715.
[14] F. Nugroho, H. Harmayani, M. Mesran, R. H. Mulia, E. M. T. Situmorang, and R. Ricardo, “Penerapan Metode Multi-Objective Optimization on The Basic of Ratio Analysis (MOORA) Dalam Seleksi Siswa Unggulan Sekolah,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 4, p. 2287, Oct. 2022, doi: 10.30865/mib.v6i4.4856.
[15] M. K. M. Mesran, J. H. Lubis, and I. F. Rahmad, “Penerapan Metode Multi-Objective Optimization on the Basic of Ratio Analysis (MOORA) dalam Keputusan Penerimaan Siswa Baru,” Bulletin of Informatics and Data Science, vol. 1, no. 2, p. 73, Nov. 2022, doi: 10.61944/bids.v1i2.40.
Published
2025-01-02
How to Cite
Farrel, M., Nazhifah, R., Sihite, G., & Ngafidin, K. (2025). Penerapan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization by Ratio Analysis) pada Pemilihan Sekolah Internasional di Jakarta. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 1209-1220. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/405