The Simulation of the Queueing System for Services at Karang Joang Community Health Center, KM 12, North Balikpapan
Abstract
Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai salah satu unit pelayanan publik memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Puskesmas diharapkan dapat memberikan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Kualitas pelayanan Puskesmas saat ini belum optimal dikarenakan lamanya waktu tunggu yang dibutuhkan untuk seorang pasien. Apabila waktu tunggu terlalu lama maka dapat mengurangi kepuasan dan kenyamanan pasien. Solusi untuk mengurangi waktu tunggu yaitu dengan menerapkan model sistem antrian untuk memperkirakan situasi antrian sesungguhnya. Model sistem antrian memungkinkan untuk menentukan ukuran situasi antrian yang terkait dengan masalah kecepatan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan seknario perbaikan pelayanan dengan melakukan simulasi menggunakan ARENA pada pelayanan puskesmas untuk mengurangi waktu tunggu yang terjadi pada pelayanan aktual. Hasil simulasi menunjukkan pelayanan pada poli umum di Puskesmas belum cukup optimal. Sehingga dipilih skenario perbaikan 3 dengan penambahan 1 loket registrasi dan 1 poli umum, karena pada skenario 3 memiliki waiting time paling kecil diantara 3 skenario yang lain, yaitu dengan rata-rata 116.85 detik. Selain itu dari 3 skenario yang ada, skenario 3 memiliki tingkat kesibukan yang lebih merata dengan nilai rata-rata sebesar 0.299. Dari hasil terlihat bahwa antrian yang menumpuk pada kondisi aktual dapat berkurang sesuai dengan hasil simulasi, sehingga pelayanan menjadi lebih cepat.
References
Menggunakan Disiplin Pelayanan Prioritas (Studi Kasus: Instalasi Rawat Darurat di RSUD
Dr. Soetomo Surabaya). JURNAL SAINS DAN SENI POMITS, 1, 1-6
[2] Pitriyani, A., & Ilmaniati, A. (2024, March). Analisis Parameter Antrean Loket Pendaftaran
Poliklinik UPTD Puskesmas Rawat Inap Ciranjang dengan Metode Simulasi Menggunakan
Arena 14.0. In Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri
Berkelanjutan (Vol. 4).
[3] Ratnasari, S., Rahadian, N., & Liquidannu, E. (2019). Pemodelan dan simulasi sistem antrian
pelayanan konsumen gerai MCD Solo Grand Mall dengan Arena. In Pros. Semin. dan Konf.
Nas. IDEC (pp. 7-8).
[4] Lestari, S. (2021). Usulan Model Sistem Antrian Pada Mc Donald's Cabang Shinta Kota Tangerang Dengan Pendekatan Teori Antrian dan Simulasi. Jurnal Ilmiah Fakultas Teknik, 2(2), 174-179.
[5] Rosihan, R. I., & Yuniawati, W. (2021). Simulasi Antrian Pada Antrian Farmasi Di Rumah Sakit X Dengan Software Promodel. Jurnal Rekavasi, 9(1), 65-74.
[6] Muninggar, P. R., Linawati, L., & Parhusip, H. A. (2019). Analisis Sistem Antrian dengan Simulasi di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga. Jurnal Fourier, 8(2), 57-64.
[7] Purnomo, B. H., Suryadharma, B., & Ekasari, N. Y. (2021). Model Sistem Antrian pada Pelayanan Restoran Cepat Saji (Studi Kasus di KFC Gajah Mada Kabupaten Jember). Jurnal Agroteknologi, 15(01), 40-58.
[8] Purwanto, T. A. (2021). Analisis Sistem Antrian Menggunakan Software Simulasi Arena Pada PT Indomobil Trada Nasional (Nissan Depok). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 5(2), 54-66.
[9] Yaqin, M. A., & Andesta, D. (2023). Sistem Antrian Pada Waktu Tunggu Pelayanan di Bengkel Pinatih Jaya Motor dengan Metode Simulasi Menggunakan Software Arena. JUSTI (Jurnal Sistem dan Teknik Industri), 3(3), 385-391.
[10] Tarigan, I. R., & Hartanto, A. (2022, December). Analisis Model Antrian Pada Kantor Pos Xyz Dengan Pendekatan Simulasi Menggunakan Software Anylogic. In Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE) (Vol. 5, No. 2, pp. 152-157).