The Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan pada Kafe Gamat Bendungan Hilir Menggunakan Algoritma Naive bayes

  • Muhammad Antar Syuhada MAS
  • Ariyo Sheva Adhityas
  • Shafar Satya Nugraha

Abstract

Usaha kuliner di Indonesia seperti kafe mengalami pertumbuhan pesat. Perkembangan usaha kuliner termasuk pada penggunaan media digital seperti Instagram, Google Maps, dan Tiktok untuk menampung ulasan masyarakat, yang dapat digunakan sebagai gambaran pendapat pelanggan terhadap kualitas kafe. salah Banyaknya ulasan yang beredar membuat pihak kafe kesulitan untuk memeriksa setiap ulasan pelanggan, sehingga dibutuhkan analisis sentimen pelanggan. Salah satu kafe yang sudah memiliki banyak ulasan di Google Maps adalah Kafe Gamat Bendungan Hilir. Analisis sentimen dapat digunakan untuk mengevaluasi ulasan pelanggan dalam jumlah data yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen pelanggan Kafe Gamat Bendungan Hilir pada ulasan Google Maps. Algoritma yang digunakan adalah algoritma Naive bayes, serta data yang telah diambil terlebih dahulu dilakukan preprocessing data. Tahapan pada preprocessing data meliputi case folding, cleaning, tokenizing, stopword removal, dan stemming. Hasil penelitian menunjukkan data yang telah dilakukan preprocessing dan diharapkan dapat dilakukan tahap selanjutnya, yaitu pengolahan menggunakan algoritma Naive bayes.

Published
2024-12-30
How to Cite
Syuhada, M., Adhityas, A., & Nugraha, S. (2024). The Analisis Sentimen Ulasan Pelanggan pada Kafe Gamat Bendungan Hilir Menggunakan Algoritma Naive bayes. Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 4(1), 776-785. Retrieved from https://centive.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/view/494